Daftar 10 Negara dengan Tambang Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Daftar 10 Negara dengan Tambang Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Tambang emas terbesar di dunia – Anda mungkin sudah tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu penghasil emas yang cukup terkenal di dunia. Tapi, apakah hanya Indonesia saja yang dikenal sebagai negara dengan tambang emas terbesar di dunia?

Sayangnya Anda harus sedikit kecewa karena ternyata Indonesia bukanlah satu-satunya negara penghasil emas terbesar di dunia. Ada setidaknya sembilan negara lain yang masuk dalam kategori negara dengan tambang emas terbesar di dunia. Negara mana sajakah itu? Berikut ini ulasannya.

Tambang emas terbesar di dunia

Urutan Negara dengan Tambang Emas Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah sepuluh negara dengan tambang emas terbesar di dunia:

1. Uzbekistan

Tambang emas terbesar di dunia

Negara ini mampu memproduksi emas sebanyak 90 ton per tahunnya. Tambang emas Muruntau di Gurun Kyzylkum adalah tambang terbesar yang dimiliki Uzbekistan. Saat ini cadangan emas yang dimiliki Uzbekistan adalah sekitar 2.100 ton.

Tambang emas terbesar di dunia

2. Ghana

Ghana mampu memproduksi emas rata-rata 100 ton per tahun. Jumlah ini dikabarkan terus naik 22% setiap tahunnya. Wilayah bagian barat daya dan barat laut Ghana merupakan wilayah penghasil emas terbanyak di negara ini.

3. Indonesia

Tambang emas terbesar di dunia

Walaupun rasanya Indonesia memiliki tambang emas yang sangat besar, namun hasil produksi emas di negara kita per tahunnya hanya berkisar antara 100 ton saja. Kabarnya hasil penambangan emas di Indonesia justru menurun dari tahun ke tahun. Produksi emas di Indonesia sendiri terdapat di Grasberg.

4. Kanada

Hampir sekitar 110 ton emas dihasilkan Kanada setiap tahunnya. Tambang Red Lake di Ontario merupakan tambang yang menyumbang emas paling banyak dengan kapasitas produksi hingga 50% dari total emas yang dihasilkan Kanada. Selain Ontario daerah penghasil emas lainnya adalah Bristish Columbia dan Quebec.

Baca Juga: Logam Mulia Termahal di Dunia, yang Mana Incaran Anda?

5. Peru

Siapa sangka kalau ternyata Peru juga merupakan negara dengan tambang emas terbesar di dunia. Menghasilkan emas rerata 150 per tahun, Peru memiliki beberapa lokasi penambangan. Beberapa diantaranya adalah Cajamarca, Arequipa, La Libertad, dan Apurimac.

6. Afrika Selatan

Rata-rata emas yang bisa diproduksi oleh Afrika Selatan per tahunnya adalah sekitar 190 ton. Memiliki cadangan emas hingga 49.000 ton, wilayah Witwatersrand Basin Archaen merupakan area penambangan emas utama yang ada di Afrika Selatan.

7. Rusia

Menghasilkan emas sebanyak 200 ton per tahun, saat ini Rusia dikabarkan memiliki cadangan emas sebanyak 7.200 ton. Beberapa tempat di Rusia yang dikenal sebagai daerah penghasil emas adalah Voro, Olympiada, Chutka, dan Khabarovsk.

8. Amerika Serikat

Amerika serikat menghasilkan emas rata-rata per tahun sebanyak 237 ton dengan Gurun Pasir Montana sebagai penyumbang terbesar penghasil emas. Selain itu, wilayah penghasil emas di AS adalah Nevada, Utah, Colorado, dan Alaska.

Artikel Lain :  Apa yang Mempengaruhi Harga Emas Dunia? Ternyata Ini 5 Poin Penting Penyebabnya

9. Australia

Sebanyak 270 ton emas dihasilkan Australia setiap tahunnya. Setidaknya ada tiga daerah utama penghasil emas di Australia yaitu Australia Barat, Australia Selatan dan New South Wales. Dari ketiga lokasi tersebut ada enam wilayah di Australia yang memiliki cadangan emas paling banyak, diantaranya Telfer, Kalgoorlie, Supir Pit, Dam Boddington, Sunrise, dan Agnes.

10. China

Total produksi emas yang bisa diasilkan China rata-rata adalah 360 ton per tahunnya. China sendiri memiliki lima provinsi sebagai penghasil emasnya, yaitu Jiang Xi, Fujian, Mongolia, Shandong dan Henan.

Jika melihat daftar negara dengan tambang emas terbesar diatas, bisa disimpulkan bahwa China merupakan negara dengan penghasil emas terbanyak saat ini. Indonesia sendiri ternyata tertinggal cukup jauh dengan kapasitas produksi kurang dari setengahnya. Apakah ini tanda bahwa cadangan emas di Indonesia sudah mulai menipis? Semoga ulasan tentang tambang emas terbesar di dunia ini dapat menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan