You are currently viewing 5 Jenis Logam Mulia Termahal di Dunia, yang Mana Incaran Anda?

5 Jenis Logam Mulia Termahal di Dunia, yang Mana Incaran Anda?

Jenis logam mulia termahal di dunia – Jika selama ini Anda berpikir bahwa satu-satunya logam mulia termahal yang diperjualbelikan adalah emas, maka bisa jadi Anda keliru. Selain emas, ternyata ada sederet logam mulia lain yang harganya tak kalah fantastis.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis logam mulia termahal di dunia yang wajib Anda ketahui:

Rhodium

Jenis logam mulia termahal di dunia

Logam mulia ini memang masih terasa begitu asing di telinga kita, namun siapa sangka Rhodium inilah yang memegang kursi tertinggi harga logam mulia. Sifatnya yang sangat tahan pada korosi juga reflektif atau memantulkan cahaya membuat Rhodium memiliki harga jual yang sangat tinggi. Saat ini diperkirakan harga Rhodium adalah 1,4 juta rupiah per gramnya.

Keberadaan Rhodium yang cukup langka juga menjadikannya sebagai salah satu jenis logam mulia termahal di dunia. Saat ini penghasil utama Rhodium adalah Afrika Selatan dengan persentase produksi hingga 60% dari seluruh pasokan Rhodium di seluruh dunia.

Umumnya logam mulia mahal ini digunakan untuk membuat perhiasan agar tahan gores dan lebih berkilau dari jenis perhiasan yang biasa. Penggunaan Rhodium ini seringnya ditemukan pada emas putih. Selain itu logam mulia ini juga dimanfaatkan untuk pembuatan lampu sorot, cermin dan juga turbin pesawat.

Artikel Lain :  5 Jenis Logam Mulia yang diperjualbelikan di Indonesia, Pahami Sebelum Berinvestasi

Platinum atau Platina

Jenis logam mulia termahal di dunia

Platinum memiliki arti “sedikit perak”, dan ternyata ini sesuai dengan karakter logam mulia tersebut. Platinum merupakan salah satu jenis logam mulia termahal di dunia yang memiliki warna putih dan paling kuat dibanding jenis logam mulia lainnya.

Platinum juga biasa digunakan untuk pembuatan perhiasan. Logam mulia ini memiliki berat dua kali lipat dari karat emas. Jadi apabila Anda memiliki emas dengan berat 10 gram, mungkin ukurannya akan lebih besar ketimbang platinum meskipun beratnya sama.

Selain digunakan untuk perhiasan, platinum juga dimanfaatkan dalam bidang kedokteran gigi dan aeronautika. Saat ini negara pengekspor platinum terbesar di dunia adalah Afrika Selatan dan Kanada.

Saat ini harga platinum berkisar antara Rp470an ribu rupiah per gramnya.

Emas

Jenis logam mulia termahal di dunia

Kalau logam mulia yang satu ini tentu Anda sudah tak asing lagi bukan? Emas merupakan jenis logam mulia termahal di dunia yang paling banyak diminati dan dicari. Maka tak heran jika harganya terus naik dari waktu ke waktu.

Selain digunakan untuk perhiasan  dan investasi, emas juga sering dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Seperti misalnya untuk kecantikan, kedokteran, makanan, minuman hingga elektronik. Emas memang memiliki sifat yang tidak mudah berkarat, lunak dan tidak mudah pudar, sehingga sangat cocok jika digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Saat ini harga emas dunia berkisar antara 1 juta rupiah per gramnya. Adapun negara penghasil emas terbanyak antara lain Afrika Selatan, Cina, Rusia, Australia dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Keunikan Emas Batangan dari Logam Mulia King Halim

Iridium

 

Jenis logam mulia termahal di dunia

Iridium masuk dalam daftar jenis logam mulia termahal di dunia dengan harga jual sekitar Rp 21,18 juta per troy ounce. Satu troy ounce sendiri hamper setara dengan 31 gram. Iridium memiliki sifat logam yang tahan pada korosi, punya titik leleh dan kepadatan yang sangat tinggi.

Iridium sering dimanfaatkan dalam pembuatan alat kesehatan, jam tangan, elektronik dan juga perhiasan. Saat ini produsen terbesar Iridium adalah Afrika Selatan.

Ruthenium

Jenis logam mulia termahal di dunia

Logam mulia ini sebenarnya merupakan bagian dari logam platinum. Sifatnya yang bagus sebagai resistor membuat Ruthenium banyak digunakan dalam pembuatan barang-barang elektronik. Ruthenium berkarakter keras dan kuat, juga bisa membuat logam lain menjadi lebih keras.

Senyawa Ruthenium ini tergolong dalam golongan karsinogenik karena mengandung bahan beracun. Jika terkena kulit manusia secara langsung maka akan membuat kulit berubah jadi lebih gelap. Meskipun logam mulia ini bisa dijadikan sebagai perhiasan, namun tidak dalam kadar kemurnian tinggi.

Itulah beberapa jenis logam mulia termahal di dunia, berminatkah Anda untuk memilikinya?

Artikel Lain :  Agar Tak Terkecoh, Ini Pengertian Logam Mulia dan Berbagai Jenisnya Selain Emas
Rate this post

Tinggalkan Balasan