5 Jenis Logam Mulia yang diperjualbelikan di Indonesia, Pahami Sebelum Berinvestasi

5 Jenis Logam Mulia yang diperjualbelikan di Indonesia, Pahami Sebelum Berinvestasi

Jenis logam mulia yang diperjualbelikan di Indonesia Logam mulia merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang masih cukup terjangkau meskipun mahal, melakukan investasi logam mulia dianggap mampu menyelamatkan uang dari gerusan inflasi.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis logam mulia yang banyak digunakan sebagai investasi. Masing-masing tentu punya peminatnya masing-masing, dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini adalah daftar jenis  logam mulia yang diperjualbelikan di Indonesia.

Antam

Cara investasi dan menabung emas di Pegadaian

Emas Antam merupakan salah satu jenis  logam mulia yang diperjualbelikan di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Antam (Aneka Tambang), Tbk. Logam mulia yang satu ini memiliki berbagai ciri dan tanda khusus, sehingga amat sulit untuk dipalsukan.

Dalam setiap logam mulia Antam Anda akan menemukan sertifikat yang berisikan keterangan mengenai berat emas, nomor seri, serta kadar kemurnian emas Antam tersebut.

Sejak tahun 1999 logam mulia Antam telah mengantongi akreditasi dari London Bullion Market Association atau LBMA.

Artikel Lain :  Apa Itu Logam Mulia Emas Batangan Antam

UBS Gold

Meski tak setenar Antam, namun emas UBS Gold juga cukup banyak diminati di pasar investasi Indonesia. Baik UBS Gold maupun Antam sebenarnya memiliki beberapa persamaan, diantaranya memiliki tingkat kemurnian yang setara yaitu 99,99% serta memiliki harga jual kembali yang tinggi.

UBS Gold juga bisa dipesan kapan saja sesuai dengan persediaan pabrik. Beberapa hal yang membedakan UBS Gold dengan Antam adalah, untuk berat yang sama UBS Gold memiliki ukuran emas yang lebih lebar dibandingkan emas Antam.

Berbeda dengan Antam yang memiliki selisih harga antara emas lama dan baru, UBS Gold justru tidak memiliki hal tersebut. Ini karena produksi UBS Gold tidak menyertakan tahun pembuatan. Sayangnya penjualan UBS Gold terbatas di daerah Jakarta dan Surabaya. Jika Anda sedang mencari referensi jenis  logam mulia yang diperjualbelikan di Indonesia, UBS Gold bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: 5 Hal Mendasar Perbedaan Logam Mulia UBS dan Antam, yang Mana Pilihan Anda?

Emas King Halim

emas batangan logam mulia king halim

Sekilas Anda mungkin masih terasa asing dengan salah satu jenis  logam mulia yang diperjualbelikan di Indonesia ini. Memiliki kadar kemurnian yang setara dengan Antam yaitu 99,99%, logam mulia King Halim punya keunikan tersendiri yang membuatnya banyak diminati investor.

Emas King Halim merupakan logam mulia yang dicetak dengan berbagai motif unik, mulai dari Yesus, Naga, Taj Mahal, Mekkah dan berbagai motif keajaiban dunia lainnya. Tentu ini menjadi keunikan tersendiri, mengingat sebagian besar logam mulia emas yang dijual Indonesia biasanya hanya berbentuk kotak polos.

Artikel Lain :  Mengenal Keunikan Emas Batangan dari Logam Mulia King Halim, Anda Wajib Punya!

Emas HWT

HWT merupakan singkatan dari Hartono Wira Tanik. Perusahaan ini sudah memproduksi berbagai jenis emas sejak tahun 1988, termasuk salah satu hasil produksinya adalah logam mulia emas batangan.

Tak berbeda jauh dengan emas Antam, emas HWT juga memiliki kemurnian 99,99%. Saat ini tersedia beberapa dimensi emas HWT, mulai dari yang terkecil 0,5 gram dan terbesar 100 gram.

Selain memproduksi logam mulia emas batangan, HWT juga memproduksi berbagai jenis perhiasan mulai dari cincin, kalung, gelang dan lainnya.

Perak Murni

Selain emas, salah satu jenis  logam mulia yang diperjualbelikan di Indonesia adalah perak murni. Memang tak setenar fine gold, namun perak murni juga sudah mulai banyak digunakan sebagai instrumen investasi.

Saat ini perak murni yang banyak dijual berbentuk batangan dan butiran dengan kadar kemurnian 99,95%. Harga per 250 gramnya adalah 3,7 juta rupiah, atau sekitar 14.800 rupiah per gram.

Menghadapi inflasi yang kian tak terbendung, Anda memang harus pandai menginvestasikan dana yang Anda miliki. Beberapa jenis  logam mulia yang diperjualbelikan di Indonesia di atas mungkin bisa jadi pilihan instrumen investasi Anda.

Tinggalkan Balasan