7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Saat Bingung Pilih Mana Investasi Emas atau Property

7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Saat Bingung Pilih Mana Investasi Emas atau Property

Pilih mana investasi emas atau property – Di tengah kondisi pandemic yang tak kunjung usai, banyak masyarakat yang justru menggunakan momentum ini sebagai waktu yang tepat untuk berinvestasi. Berbagai jenis investasi pun mulai banyak digandrungi, mulai dari emas, property, saham, reksadana, obligasi dan banyak lagi. Dari sekian banyak instrumen investasi, sepertinya emas dan property masih menjadi primadona.

Lantas jika Anda diberikan kesempatan untuk melakukan investasi, maka akan pilih mana investasi emas atau property? Tak perlu bingung, beberapa hal berikut mungkin bisa jadi bahan pertimbangan untuk Anda.

Modal Investasi

Jika Anda bingung pilih mana investasi emas atau property, maka coba lihatlah terlebih dahulu dana modal awal investasi Anda. Sebagai gambaran, investasi property tentu membutuhkan modal yang lebih besar dibandingkan emas.

investasi rumah atau emas

Saat Anda ingin berinvestasi pada property, maka setidaknya Anda harus punya modal puluhan hingga ratusan juta rupiah. Berbeda dengan emas yang bisa dilakukan dengan modal jutaan rupiah saja.

Sifat Aset

Aset emas lebih likuid dibandingkan dengan aset property. Likuid disini berarti bahwa aset yang Anda miliki mudah dijadikan rupiah disaat Anda membutuhkan dana segar.

Emas lebih mudah dan cepat dijual ketimbang property, itu artinya aset emas lebih likuid. Investasi emas cocok bagi Anda yang mungkin belum memiliki dana darurat berlebih, sedangkan investasi property cocok untuk jangka yang lebih panjang.

Pajak

Sebelum bingung pilih mana investasi emas atau property, perhatikan dulu kewajiban pajak yang harus Anda penuhi. Jika Anda menginvestasikan uang Anda pada emas, maka Anda boleh merasa lega karena sampai saat ini emas belum masuk dalam daftar barang wajib pajak. 

Lain hal jika Anda berinvestasi pada property, Anda setidaknya harus membayar pajak bumi dan bangunan (PBB).

Biaya Lain

Saat Anda membeli emas sebagai investasi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat sertifikat atau biaya perawatan. Lain hal jika Anda memilih investasi property, maka Anda membutuhkan biaya tambahan untuk sertifikat serta biaya perawatan rutin.

Regular Income

Artikel Lain :  Mengenal Emas Pamp Suisse dan Berbagai Keuntungannya dalam Berinvestasi

Jika Anda masih bingung pilih mana investasi emas atau property, mungkin factor regular income bisa jadi bahan pertimbangan juga. Investasi property memungkinkan Anda menghasilkan uang setiap bulan atau tahun. Penghasilan ini bisa dari hasil sewa atau kontrak, misalnya sewa rumah, kontrak ruko, atau rumah kos. 

Sedangkan untuk investasi emas, Anda tidak akan mendapatkan regular income layaknya investasi property. 

Penggunaan Aset Investasi

Baik aset emas atau pun property sebetulnya bisa Anda gunakan sebagai jaminan ketika membutuhkan dana secara cepat. Property yang Anda miliki dapat dijadikan sebagai agunan atau jaminan jika hendak melakukan pinjaman dana ke bank.

Emas pun demikian, anda bisa menjual emas saat membutuhkan dana segar, atau jika Anda tak mau kehilangan emas Anda maka bisa juga menggadaikannya ke Pegadaian atau pihak swasta yang menyediakan jasa gadai. Jadi sepertinya Anda tak perlu bingung lagi, pilih mana investasi emas atau property.

Profit yang Dihasilkan

Investasi property memungkinkan Anda mendapatkan profit yang lebih besar ketimbang investasi emas. Sejak tahun 2016 jumlah investor property juga semakin meningkat. Belum lagi pertumbuhan Growth Domestic Product alias GDP yang kian bagus tiap tahunnya. Hal ini membuat prospek investasi property makin bagus di tahun-tahun kedepan.

investasi rumah

Memilih instrumen investasi memang tak mudah, untuk itu penting bagi Anda untuk mempelajarinya dengan detail. Saat Anda sudah mempelajari setiap detail instrumen yang ada, Anda tak perlu lagi merasa bingung pilih mana investasi emas atau property.

Tinggalkan Balasan