Apa yang Mempengaruhi Harga Emas Dunia? Ternyata Ini 5 Poin Penting Penyebabnya

Apa yang Mempengaruhi Harga Emas Dunia? Ternyata Ini 5 Poin Penting Penyebabnya

Apa yang mempengaruhi harga emas dunia – Emas merupakan jenis logam mulia yang paling banyak digunakan sebagai instrumen investasi, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Trik untuk melakukan investasi jangka pendek dengan emas adalah, Anda bisa membelinya ketika harga sedang jatuh, lalu menjualnya ketika harga sedang melambung. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa harga emas memang selalu naik dan turun setiap harinya.

Lalu kenapa harga emas di Indonesia bisa naik dan turun setiap harinya? Ini karena harga emas nasional sebenarnya mengikuti harga emas dunia. Ketika harga emas naik, otomatis harga emas nasional juga naik, begitu juga sebaliknya. Sekarang pertanyaannya adalah, apa yang mempengaruhi harga emas dunia? Berikut ulasannya.

Nilai Tukar USD

Tahukah Anda bahwa emas diperjualbelikan dengan mata uang dolar Amerika Serikat atau USD? Ini karena USD merupakan mata uang terkuat di dunia sampai saat ini. Meski demikian, kondisi Amerika yang juga tak menentu dan berubah tiap waktu dapat mempengaruhi nilai kurs mata uang USD. Itu sebabnya, nilai kurs bisa anjlok atau menguat setiap saat yang akhirnya berpengaruh pada harga emas dunia.

Ketika kurs USD anjlok, nilai mata uang negara-negara lainnya naik. Hal ini akan membuat permintaan emas dunia menjadi makin tinggi. Sesuai hukum ekonomi, dimana makin tinggi permintaan suatu barang maka akan semakin tinggi juga harga jualnya, begitu sebaliknya.

Jadi boleh dikatakan, nilai kurs USD inilah yang jadi jawaban utama atas pertanyaan  apa yang mempengaruhi harga emas dunia.

Tingginya Biaya Produksi Emas

Jika Anda bertanya, faktor apa yang mempengaruhi harga emas dunia? Maka biaya produksi emas bisa jadi salah satu alasannya. Beberapa negara produsen emas terbesar dunia seperti Australia, Afrika Selatan, Amerika Serikat dan China menyebutkan jika saat ini produksi emas terus menurun. Penyebabnya adalah proses penggalian tambang yang kian dalam, sehingga memakan waktu dan usaha yang lebih besar.

Biaya pembangunan sarana pertambangan dan biaya pekerja juga terus meningkat seiring meningkatnya resiko yang mereka hadapi. Untuk itu, tak heran jika harga emas dunia semakin naik dari waktu ke waktu.

Artikel Lain :  Amankah Membeli Emas Antam Secara Online? Tentu Aman dengan 6 Tips Berikut

Cadangan Emas di Bank Sentral

Apa yang mempengaruhi harga emas dunia selain kurs USD? Salah satunya adalah cadangan emas di Bank Sentral. Emas adalah alternatif lain bagi Bank Sentral untuk menyimpan cadangan devisa selain dengan uang. Faktanya beberapa tahun terakhir banyak Bank Sentral yang memilih memborong cadangan emas dalam jumlah yang cukup tinggi.

Hal ini membuat pertumbuhan ekonomi dan perdagangan menjadi lesu, serta membuat ragu para investor dalam berinvestasi pada uang kertas khususnya USD. Tentu saja ini berpengaruh pada harga emas dunia yang mengalami peningkatan.

Kondisi Geopolitik

Saat kondisi geopolitik dunia tidak kondusif, misalnya terjadi perseteruan antar negara di dunia, maka hal ini akan berpengaruh pada kepercayaan investor atas keamanan aset mereka. Ketimbang mengamankan aset dalam bentuk uang, mereka akan lebih memilih berinvestasi pada emas. Itu sebabnya, saat kondisi geopolitik memanas, harga emas dunia diprediksikan akan naik selaras dengan tingginya permintaan emas.

Artikel Lain :  7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Saat Bingung Pilih Mana Investasi Emas atau Property

Krisis Global

Apa yang mempengaruhi harga emas dunia

Kondisi krisis global seperti situasi pandemi beberapa waktu lalu juga turut berpengaruh pada harga emas. Pandemi membuat banyak orang merasa khawatir pada ekonomi, kesehatan bahkan aset yang mereka miliki. Mereka kemudian memilih mengamankan set-aset mereka dalam bentuk investasi, dan beberapa yang paling dicari adalah emas dan property. Hal ini membuat harga emas juga ikut naik drastis saat pandemi covid-19.

Semoga ulasan mengenai apa yang mempengaruhi harga emas dunia ini dapat menjadi bekal bagi Anda yang akan melakukan investasi pada logam mulia emas.

 

 

Tinggalkan Balasan