You are currently viewing 6 Hal yang Berpengaruh Besar pada Harga Emas Hari Ini, Pelajari Sebelum Berinvestasi

6 Hal yang Berpengaruh Besar pada Harga Emas Hari Ini, Pelajari Sebelum Berinvestasi

Harga emas hari ini – Setiap harinya harga emas naik dan turun secara fluktuatif. Harga emas hari ini mungkin naik, lalu keesokan harinya bisa saja turun drastis, atau sebaliknya. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, mengapa harga emas selalu naik dan turun setiap harinya?

Ada beberapa pengaruh yang membuat harga emas hari ini bisa naik atau turun, diantaranya:

harga emas hari ini

Perubahan Kurs Dolar AS

Tahukan Anda bahwa patokan harga emas bukanlah mengikuti rupiah, melainkan mengikuti perubahan pada kur mata uang AS. Semakin tinggi kurs dolar AS terhadap nilai rupiah, atau nilai rupiah makin melemah pada dolar AS maka sudah pasti harga emas akan menguat. 

Krisis Global

Kondisi krisis yang terjadi di berbagai belahan dunia juga berpengaruh pada kenaikan atau penurunan harga emas hari ini. Ada satu kondisi yang biasa dikenal dengan istilah krisis komoditas, yaitu saat dimana masyarakat tak lagi percaya pada pemerintah atau kondisi pasar global.

Dalam lingkup global, emas dipandang sebagai salah satu aset yang dapat menyelamatkan ketika terjadi gejolak ekonomi maupun politik.

Suku Bunga

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa harga emas hari ini akan naik ketika nilai rupiah melemah, akan tetapi berbeda hal jika berhubungan dengan suku bunga. Ketika kondisi suku bunga naik maka harga emas akan turun drastis.

Mengapa demikian? Beberapa orang yang paham finansial tentu akan segera menarik aset emas mereka untuk dijadikan deposito demi mendapat suku bunga yang lebih tinggi. Adanya penarikan dana besar-besaran tentu akan membuat harga emas anjlok. 

Sama dengan harga emas, besarnya suku bunga juga bisa naik dan turun sewaktu-waktu karena pengaruh banyak hal. 

Jumlah Pasokan dan Permintaan Emas

Menurut hukum ekonomi, semakin tinggi permintaan akan suatu barang maka akan semakin tinggi juga harga barang tersebut. Begitu juga sebaliknya, semakin menurun permintaan pasar, maka harga juga akan turun. jual emas tanpa surat di jogja

Hal ini juga berlaku untuk harga emas. Jika permintaan emas di pasaran makin tinggi, maka harga emas juga akan makin tinggi.

Laju Inflasi

Tak hanya berpengaruh pada kenaikan harga emas, laju inflasi yang kian menguat juga membuat harga semua barang ikut menguat. Ketika inflasi semakin tak terkendali, banyak orang yang kemudian merasa enggan menyimpan uang mereka dalam bentuk uang. 

Akan tetapi mereka mungkin akan lebih memilih menyimpan dalam bentuk dolar atau emas yang nilainya tak akan tergerus inflasi. Seperti dijelaskan sebelumnya, jika semakin banyak permintaan maka harga emas akan naik juga.

Kondisi Bank Central 

Harga emas hari ini juga bisa naik dan turun akibat adanya ketidakstabilan kondisi ekonomi bank central di masing-masing negara. Seperti misalnya Bank Central Asia, Bank Central Eropa, atau Bank of Japan. 

Kondisi ekonomi bank central yang tak menentu membuat banyak orang memilih emas sebagai investasi mereka karena dinilai lebih menjanjikan. Semakin banyak permintaan, otomatis harga emas akan naik. 

Jika Anda ingin menjadikan emas sebagai investasi demi menyelamatkan aset Anda dari inflasi, maka Anda harus pintar dalam menganalisa pasar. Pastikan bahwa Anda terus mengikuti pergerakan pasar emas dunia agar Anda tak merugi. Dengan mengerti dan memahami beberapa poin di atas, Anda tentu akan lebih mudah menganalisa pasar emas dan kondisi harga emas hari ini

Rate this post
Artikel Lain :  Apa yang Dimaksud Buyback Emas atau Logam Mulia? Berikut Penjelasan yang Harus Anda Pahami

Tinggalkan Balasan