You are currently viewing Kapan Saat yang Tepat untuk Menjual dan Membeli Emas? Ternyata Ini Jawabannya

Kapan Saat yang Tepat untuk Menjual dan Membeli Emas? Ternyata Ini Jawabannya

Kapan saat yang tepat untuk menjual dan membeli emas – Emas kini sudah lumrah untuk dijadikan sebagai instrumen investasi. Selain harganya yang terus naik dari tahun ke tahun, emas juga termasuk dalam aset lancar yang sangat mudah untuk dicairkan kembali. Tidak seperti deposito yang harus mencapai batas waktu tertentu baru Anda bisa mencairkannya.

Jika saat ini Anda sudah mulai berinvestasi emas, lantas kapan saat yang tepat untuk menjual dan membeli emas? Apakah harga emas mempengaruhi waktu untuk menjual dan membeli?

saat yang tepat

Ya, ternyata harga emas sangat berpengaruh pada kapan saat yang tepat untuk menjual dan membeli emas. Seperti yang Anda tahu, harga emas dapat berubah setiap waktu mengikuti pergerakan harga emas dunia. Sebelum mengetahui kapan saat yang tepat untuk menjual dan membeli emas, penting bagi Anda untuk mengetahui faktor apa saja yang bisa membuat harga emas naik atau turun.

Baca Juga Panduan Cara Menjual Emas Batangan di Butik Antam

Hal-Hal yang Mempengaruhi Harga Emas

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi harga emas setiap harinya, diantaranya:

1. Nilai Kurs Dolar AS

Salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi harga emas adalah nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Semakin lemah nilai rupiah terhadap dolar, maka semakin tinggi harga emas, begitu juga sebaliknya. Hal ini karena harga emas dunia diperjualbelikan dengan dolar sebagai mata uang terkuat di dunia. Oleh karena itu dolar sangat berpengaruh pada harga emas.

2. Permintaan yang Tinggi

Berdasarkan hukum ekonomi, semakin tinggi permintaan pasar akan suatu barang maka akan semakin tinggi juga harga barang tersebut. Hal ini juga berlaku untuk emas, di mana semakin tinggi permintaan industri perhiasan maka akan semakin tinggi juga harga emas.

3. Ketersediaan Emas Dunia

Harga emas dunia juga dapat berubah seiring berubahnya ketersediaan emas dunia. Ketika emas semakin langka dan penambangan makin sedikit menghasilkan emas, maka harga emas akan naik.

4. Adanya Isu Geopolitik

Jika dalam dunia internasional terjadi isu geopolitik yang cukup menggemparkan, maka bisa diprediksikan harga emas akan naik. Hal ini karena aka nada tindakan pembelian emas secara besar-besaran oleh para investor, sehingga secara tidak langsung akan membuat harga emas naik.

Artikel Lain :  Emas Tanpa Surat Apakah Laku Dijual atau Tidak? Berikut Faktanya

Lalu Kapan Saat yang Tepat untuk Menjual dan Membeli Emas?

harga emas antam di jogja hari ini
@ButikAntam

Salah satu teknik klasik dalam berinvestasi emas adalah mencari keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli. Untuk itu salah satu trik sederhana dalam investasi emas adalah Anda harus membeli emas ketika harganya sedang murah atau turun. Anda bisa menjualnya kembali nanti ketika harga emas sedang melambung tinggi.

Ini juga sekaligus menjawab pertanyaan kapan saat yang tepat untuk menjual dan membeli emas. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat, maka Anda harus memantau harga emas secara realtime secara online. Anda dapat memanfaatkan beberapa indikator di atas untuk memprediksikan apakah harga emas akan naik atau turun.

Sebelum memulai investasi emas, Anda sebaiknya memahami bahwasannya emas merupakan salah satu instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang. Jadi sebaiknya Anda tidak buru-buru menjual emas yang Anda miliki kecuali karena memang ada kondisi yang mendesak.

Tips untuk mendapatkan harga buyback yang cukup tinggi adalah dengan menjual emas Anda di toko resmi tempat Anda membeli emas tersebut. Pastikan juga bahwa Anda membawa surat-surat resminya. Apabila emas dalam kondisi rusak, jika memungkinkan perbaiki dulu sebelum Anda menjualnya.

Itulah ulasan singkat mengenai kapan saat yang tepat untuk menjual dan membeli emas, semoga bermanfaat.

Artikel Lain :  Amankah Membeli Emas Antam Secara Online? Tentu Aman dengan 6 Tips Berikut
Rate this post

Tinggalkan Balasan